Hari : Kamis , Tanggal : 23 November 2017

Home -> Menu -> Layanan Publik -> Survey Indeks Kepuasan Masyarakat


Survey Indeks Kepuasan Masyarakat


Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Tahun 2016


 Pematangsiantar, Jumat, 20 Mei 2016.-

 

         Pada Tanggal 12 Mei 2016 s/d 20 Mei 2016 Pengadilan Negeri Klas IB Pematangsiantar melaksanakan survei kepuasaan masyarakat dalam rangka pelaksaaan Akreditasi Penjaminan Mutu Peradilan Umum serta mendukung Reformasi Birokrasi. Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik adalah melakukan Survei Kepuasan Masyarakat kepada pengguna layanan.  Adapun sasaran-sasaran Survei Kepuasan Masyarakat adalah sebagai berikut :Mendorong partisipasi masyarakat sebagai pengguna layanan dalam menilai kinerja penyelenggara pelayanan di Pengadilan Negeri Klas IB Pematangsiantar.

  1. Mendorong penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas Pelayanan di Pengadilan Negeri Klas IB Pematangsiantar.
  2. Mendorong penyelenggara pelayanan menjadi lebih inovatif dalam menyelenggarakan pelayanan publik di Pengadilan Negeri Klas IB  Pematangsiantar

          Berdasarkan hal tersebut Pengadilan Negeri Klas IB Pematangsiantar melaksanakan survei kepuasaan masyarakat dalam rangka pelaksaaan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

         Populasi Survey ini adalah semua masyarakat pengguna layanan di Pengadilan Negeri Pematangsiantar antara lain: pencari keadilan, polisi, jaksa, pengacara, KPAI, dll. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling.  Variabel pada pengukuran ini didasarkan pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik yang terdiri dari 9 ruang lingkup, antara lain:

  1. Persyaratan
    Persyaratan adalah syarat yang harus dipenuhi dalam pengurusan suatu jenis pelayanan, baik persyaratan teknis maupun administratif.
  2. Prosedur
    Prosedur adalah tata cara pelayanan yang dibakukan bagi pemberi dan penerima pelayanan, termasuk pengaduan.
  3. Waktu pelayanan
    Waktu pelayanan adalah jangka waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan seluruh proses pelayanan dari setiap jenis pelayanan.
  4. Biaya/Tarif
    Biaya/Tarif adalah ongkos yang dikenakan kepada penerima layanan dalam mengurus dan/atau memperoleh pelayanan dari penyelenggara yang besarnya ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara penyelenggara dan masyarakat.
  5. Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan
    Produk spesifikasi jenis pelayanan adalah hasil pelayanan yang diberikan dan diterima sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Produk pelayanan ini merupakan hasil dari setiap spesifikasi jenis pelayanan.
  6. Kompetensi Pelaksana
    Kompetensi Pelaksana adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh pelaksana meliputi pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan pengalaman.
  7. Perilaku Pelaksana
    Perilaku Pelaksana adalah sikap petugas dalam memberikan pelayanan.
  8. Maklumat Pelayanan
    Maklumat Pelayanan adalah merupakan pernyataan kesanggupan dan kewajiban penyelenggara untuk melaksanakan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan.
  9. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
    Penanganan pengaduan, saran dan masukan, adalah tata cara pelaksanaan penanganan pengaduan dan tindak lanjut.

Tahapan pelaksanaan survei indeks kepuasan masyarakat (IKM) di Pengadilan Negeri Klas IB Pematangsiantar, antara lain:

  1. Tim survei menentukan metode survei, yaitu dengan metode kuantitatif dan sampel diambil dengan teknik simple random sampling.
  2. Tim survei membuat instrumen berupa angket/kuesioner, berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
  3. Tim survei mencetak dan menggandakan kuesioner yang telah disusun dan menentukan jadwal pelaksanaan survei.
  4. Tim survei melakukan survei sesuai jadwal.
  5. Kuesioner yang telah diisi dikumpulkan oleh petugas survey dari kotak survey lalu diserahkan kepada tim survei.
  6. Tim survei memeriksa kuesioner, jika ditemukan kuesioner yang rusak dan tidak terisi lengkap, maka kuesioner tersebut tidak diikutkan dalam analisis data
  7. Tim survei mengkoding kuesioner, memasukkan jawaban kuesioner dan menganalisis data
  8. Tim survei menyajikan hasil analisa dalam bentuk analisis statistik deskriptif.

 

        Berikut laporan Hasil Survey Indeks Kepuasan Masyarakat Pengguna Masyarakat Pengguna Pengadilan pada Pengadilan Negeri Pematangsiantar Klas IB Pematangsiantar

 File Attachment : laporan Hasil Survey Indeks Kepuasan Masyarakat  &  Pertanyaan Survey Indeks Kepuasan Masyarakat