Hari : Selasa , Tanggal : 12 November 2019


PENANDATANGANAN SKB PN P. SIANTAR DAN PA P. SIANTAR TENTANG BIAYA PERKARA PERDATA


Tanggal : 05 September 2019

Posting : pnpms

Dibaca : 98 kali

 

Penandatanganan SKB PN P. Siantar dan PA P. Siantar tentang Biaya Administrasi Perkara Perdata maupun radius wilayah 

 

Sehubungan dengan Peraturan Pemerintah (PP) No.5 Tahun 2019 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya.  Berdasarkan dengan hal tersebut maka Mahkamah Agung Republik Indonesia telah mengeluarkan Surat Sekretaris MA RI No.433/SEK/KU.04.2/3/2019 tanggal 27 Maret 2019 perihal langkah-langkah pemungutan/penerimaan PNBP. oleh karenanya Ketua Pengadilan Negeri Pematang Siantar dan Ketua Pengadilan Agama Pematang Siantar memperbaharui Surat Keputusan Bersama yang ada sebelumnya yang Penentuan biaya nya sudah mempertimbangkan kewajiban pemungutan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sesuai PP Nomor 5 Tahun 2019, Biaya Administrasi Penyelesaian Perkara maupun radius wilayah kecamatan di Pematang Siantar Karena baik PN dan PA Pematang Siantar memiliki yurisdiksi yang sama.

skb1skb2

SKB ini bukan kali pertama dilaksanakan, pada tahun sebelumnya juga telah dilaksanakan keputusan bersama seperti ini, hanya saja kita perbaharui dan koreksi mana yang terlalu tinggi dan mana yang terlalu rendah biayannya. Penandatanganan Surat Keputusan Bersama tersebut dilaksanakan di Kantor Pengadilan Negeri Pematang Siantar oleh Bapak Danardono, SH Ketua Pengadilan Negeri Pematang Siantar dan Ibu Dian Ingrasanti Lubis, S.Ag, S.H.M.H Ketua Pengadilan Agama Pematang Siantar dan disaksikan oleh Ibu Risbarita Simorangkir, SH  Hakim PN Pematang Siantar, Bapak Kaspendi Sembiring, SH.  Panitera PN Pematang Siantar, Bapak Herman, SH. Panitera PA Pematang Siantar dan Ibu Mediana Tarigan, SE. Sekretaris PN Pematang Siantar.

 

Melalui SKB ini merupakan wujud sinergitas dalam upaya membangun kepercayaan, memperkuat kerjasama, mempererat silaturahmi untuk mencapai tujuan bersama yaitu memberikan pelayanan terbaik kepada pencari keadilan wilayah Kota Pematang Siantar.