fondasi bagi aparatur sipil negara asn     html 5 support  wcag2AA ID EN

Survey Indeks Kepuasan Masyarakat


Survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)

        Pengadilan Negeri Klas IB Pematangsiantar melaksanakan survei kepuasaan masyarakat dalam rangka pelaksaaan Akreditasi Penjaminan Mutu Peradilan Umum serta mendukung Reformasi Birokrasi. Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik adalah melakukan Survei Kepuasan Masyarakat kepada pengguna layanan.  Adapun sasaran-sasaran Survei Kepuasan Masyarakat adalah sebagai berikut: 

  1. Mendorong partisipasi masyarakat sebagai pengguna layanan dalam menilai kinerja penyelenggara pelayanan di Pengadilan Negeri Klas IB Pematangsiantar.
  2. Mendorong penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas Pelayanan di Pengadilan Negeri Klas IB Pematangsiantar.
  3. Mendorong penyelenggara pelayanan menjadi lebih inovatif dalam menyelenggarakan pelayanan publik di Pengadilan Negeri Klas IB  Pematangsiantar

          Berdasarkan hal tersebut Pengadilan Negeri Klas IB Pematangsiantar melaksanakan survei kepuasaan masyarakat dalam rangka pelaksaaan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

         Populasi Survey ini adalah semua masyarakat pengguna layanan di Pengadilan Negeri Pematangsiantar antara lain: pencari keadilan, polisi, jaksa, pengacara, KPAI, dll. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling.  Variabel pada pengukuran ini didasarkan pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik yang terdiri dari 9 ruang lingkup, antara lain:

  1. Persyaratan
    Persyaratan adalah syarat yang harus dipenuhi dalam pengurusan suatu jenis pelayanan, baik persyaratan teknis maupun administratif.
  2. Prosedur
    Prosedur adalah tata cara pelayanan yang dibakukan bagi pemberi dan penerima pelayanan, termasuk pengaduan.
  3. Waktu pelayanan
    Waktu pelayanan adalah jangka waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan seluruh proses pelayanan dari setiap jenis pelayanan.
  4. Biaya/Tarif
    Biaya/Tarif adalah ongkos yang dikenakan kepada penerima layanan dalam mengurus dan/atau memperoleh pelayanan dari penyelenggara yang besarnya ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara penyelenggara dan masyarakat.
  5. Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan
    Produk spesifikasi jenis pelayanan adalah hasil pelayanan yang diberikan dan diterima sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Produk pelayanan ini merupakan hasil dari setiap spesifikasi jenis pelayanan.
  6. Kompetensi Pelaksana
    Kompetensi Pelaksana adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh pelaksana meliputi pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan pengalaman.
  7. Perilaku Pelaksana
    Perilaku Pelaksana adalah sikap petugas dalam memberikan pelayanan.
  8. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan
    Penanganan pengaduan, saran dan masukan, adalah tata cara pelaksanaan penanganan pengaduan dan tindak lanjut.
  9. Sarana dan Prasarana Pendukung
    Kenyamanan Sarana dan Prasarana Pendukung adalah ketersediannya fasilitas penyandang disabilitas, toilet tamu, tempat ibadah Ketersedian media hotline atau sarana lain.

Tahapan pelaksanaan survei indeks kepuasan masyarakat (IKM) di Pengadilan Negeri Klas IB Pematangsiantar, antara lain:

  1. Tim survei menentukan metode survei, yaitu dengan metode kuantitatif dan sampel diambil dengan teknik simple random sampling.
  2. Tim survei membuat instrumen berupa angket/kuesioner, berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
  3. Tim survei mencetak dan menggandakan kuesioner yang telah disusun dan menentukan jadwal pelaksanaan survei.
  4. Tim survei melakukan survei sesuai jadwal.
  5. Kuesioner yang telah diisi dikumpulkan oleh petugas survey dari kotak survey lalu diserahkan kepada tim survei.
  6. Tim survei memeriksa kuesioner, jika ditemukan kuesioner yang rusak dan tidak terisi lengkap, maka kuesioner tersebut tidak diikutkan dalam analisis data
  7. Kuesioner yang telah diperiksa kemudian diserahkan kepada Tim analisis dan evaluasi data.
  8. Tim analisa data kemudian mengkoding kuesioner, memasukkan jawaban kuesioner dan menganalisis data.
  9. Tim survei menyajikan hasil analisa dalam bentuk analisis statistik deskriptif.

        Berikut laporan Hasil Survey Indeks Kepuasan Masyarakat Pengguna Masyarakat Pengguna Pengadilan pada Pengadilan Negeri Pematangsiantar Kelas IB Pematangsiantar

Laporan Hasil Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)

Periode Triwulan I Tahun 2024

Periode Triwulan III Tahun 2024

Periode Triwulan IV Tahun 2023

Periode Triwulan III Tahun 2023

Periode Triwulan II Tahun 2023

Laporan Hasil Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)

Periode Triwulan I Tahun 2023

 

Periode Triwulan IV Tahun 2022

Periode Triwulan III Tahun 2022

Periode Triwulan II Tahun 2022

Laporan Hasil Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)

Periode Triwulan I Tahun 2022

IKM_I_2022

 

Laporan Hasil Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)

Periode Triwulan IV Tahun 2021 

File Attachment : Laporan Hasil Survey Indeks Kepuasan Masyarakat  

 

Laporan Hasil Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)

Periode Triwulan III Tahun 2021 

 

Laporan Hasil Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)

Periode Semester -I Tahun 2021

IKM

File Attachment : laporan Hasil Survey Indeks Kepuasan Masyarakat  Periode Semester I Tahun 2021

 

Laporan Hasil Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)

Periode Semester -II Tahun 2020

IKM

 

File Attachment : laporan Hasil Survey Indeks Kepuasan Masyarakat  Periode Semester II Tahun 2020

 

 

Laporan Hasil Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)

Periode Semester -I Tahun 2020

 

IKM

 

File Attachment : laporan Hasil Survey Indeks Kepuasan Masyarakat  Periode Semester I Tahun 2020

 

 

Laporan Hasil Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)

Periode Semester -II Tahun 2019

 

IKM

 

File Attachment : laporan Hasil Survey Indeks Kepuasan Masyarakat  Periode Semester II Tahun 2019

 

 

Laporan Hasil Survei Indeks Kepuasan Masyarakat Periode Semester -I Tahun 2019

 

ikmSemII2018

 

File Attachment : laporan Hasil Survey Indeks Kepuasan Masyarakat  &  Pertanyaan Survey Indeks Kepuasan Masyarakat

 

 

Laporan Hasil Survei Indeks Kepuasan Masyarakat Periode Semester -I Tahun 2018

 

ikm1_2018

 

File Attachment :laporan Hasil Survey Indeks Kepuasan Masyarakat  &  Pertanyaan Survey Indeks Kepuasan Masyarakat